Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Jokowi Pengaruhi Kemenangan Ganjar

Kompas.com - 27/05/2013, 11:45 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah M Prakosa mengatakan bahwa capaian positif yang diraih Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 merupakan hasil kerja keras mesin partainya. Peran Joko Widodo selaku anggota PDI Perjuangan juga ikut memengaruhinya.

"Lebih dari 260.262 mesin partai penggerak pemilih," kata Prakosa saat dihubungi, Senin (27/5/2013).

Di dalam mesin partai tersebut, kata Prakosa, Jokowi berperan besar karena ia menjadi juru kampanye Ganjar Pranowo. Selain itu, struktur partai dari tingkat pusat sampai daerah juga ikut bekerja dalam rangka memenangkan Ganjar di Pilgub Jateng.

"Tentu ada faktor Jokowi. Tapi, figur (Ganjar) yang bersih dan memiliki wawasan luas, diterima dengan baik, termasuk juga kita dapat dukungan masyarakat," ujarnya.

Berdasar perhitungan sementara KPU Daerah Jawa Tengah, Minggu (26/5/2013), pasangan Ganjar-Heru unggul dibandingkan dua pasangan lain. Kandidat nomor urut tiga itu mendapatkan 48,25 persen suara, sementara pasangan Bibit Waluyo-Sudijono Sastroamidjojo meraih 30,59 persen suara dan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono mendapatkan 21,16 persen suara. Jumlah suara yang masuk di KPU kemarin sebanyak 67,24 persen atau sekitar 40.000 dari total sekitar 61.000 tempat pemungutan suara (TPS). Hasil ini dikirimkan dari masing-masing KPPS melalui pesan singkat pada nomor khusus.

Atas dasar itu, Ganjar mengaku sudah mulai menyusun konsep programnya. Hal itu dilakukan agar setelah dilantik nanti ia bisa segera bekerja untuk rakyat. Sejumlah tim utama yang disiapkan Ganjar adalah tim politik dan tim ekonomi. Ganjar juga berjanji akan segera ke Jakarta untuk membereskan pekerjaannya yang tersisa sebagai anggota DPR RI. Setelah itu, ia akan mengundurkan diri dari DPR dan berkonsentrasi di Jawa Tengah.

Beberapa hal yang dijanjikan Ganjar dalam kampanye ialah adanya kartu petani dan kartu nelayan. Kartu tersebut untuk menjamin agar subsidi pemerintah diterima oleh orang yang berhak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com