Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanwil Kemenag Sulbar Bangga Tingkat Kelulusan MA

Kompas.com - 27/05/2013, 06:15 WIB

MAMUJU, KOMPAS.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Barat menyampaikan rasa bangga atas tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) Madrasah Aliyah (MA) Negeri dan Swasta karena mencapai 100 persen dari seluruh siswa yang mengikuti ujian tahun ini.

"Saya apresiasi atas capaian angka kelulusan UN MA di Sulbar. Prestasi siswa ini menunjukkan bahwa sekolah agama sudah bisa disejajarkan dengan sekolah umum seperti SMA," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulbar Mukhlis di Mamuju, Minggu (26/5/2013).

Secara nasional, kata dia, kelulusan hasil UN Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta mencapai 99,50 persen atau mengalami peningkatan pada tahun ajaran 2011-2012. "Tingkat kelulusan UN MA di Sulbar diharapkan tetap dipertahankan dengan mengedepankan peningkatan kualitas," ungkapnya.

Ia menyampaikan, peningkatan kualitas tentu menjadi perhatian sehingga kelak sekolah agama juga menjadi pilihan utama bagi anak-anak untuk melanjutkan pendidikan.

"Selama ini kualitas MA dianggap nomor dua dan kami yakin anggapan itu akan mulai terbantahkan karena sekarang saja sudah seimbang dengan kualitas SMA," terangnya.

Meski hasil UN MA tahun ini cukup menggembirakan, Mukhlis mengaku prihatin karena di sisi lain masih terdapat sejumlah madrasah yang belum bisa dikatakan berkualitas.

"Harus kami akui masih terdapat sekolah madrasah yang belum berkualitas. Ini tentu menjadi perhatian ke depan untuk pembinaan generasi muda yang memiliki akhlak dan budi pekerti," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com