Kompas.com - 26/05/2013, 20:27 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

JAMBI, KOMPAS.com -- Remaja rimba dalam hutan Taman Nasional Bukit Duabelas Jambi, Besudut, berhasil lulus ujian nasional dengan nilai memuaskan. Besudut merupakan satu-satunya orang rimba yang berhasil menamatkan pendidikan formal hingga ke lanjutan tingkat menengah atas.

Perjuangan Besudut untuk menamatkan SMA 14 Tebo, Jambi, akhirnya berbuah manis. Besudut memperoleh hasil 32,2 dengan nilai tertinggi untuk mata pelajaran Matematika yaitu, 6,25.

Kepala SMAN 14 Tebo, Suparjo mengatakan, lulus UN dengan nilai yang memuaskan merupakan mimpi Besudut yang telah terwuud. Namun, Besudut masih harus berjuang untuk masuk perguruan tinggi.

"Dia ingin membuktikan bahwa Orang Rimba juga mampu untuk sekolah tinggi sama dengan kelompok masyarakat lainnya. Kalau bisa melanjutkan lagi kuliah," kata Suparjo, Minggu (26/5/2013).

Manajer Komunikasi Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi, Rudi Syaf mengatakan, keberhasilan Besudut diharapkan dapat memicu semangat generasi penerusnya yang saat ini telah 12 orang mengecap pendidikan di SMP dan 53 orang saat ini sedang berada di tingkat SD.

 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.