Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peserta UN di Gorontalo Terima Pengumuman Besok

Kompas.com - 24/05/2013, 19:41 WIB
Kontributor Kompas TV, Muzzammil D. Massa

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com — Berbeda dengan beberapa daerah lain, di Gorontalo, pengumuman hasil kelulusan ujian nasional (UN) baru akan dilaksanakan Sabtu (25/5/2013) besok.

Kepala Dikpora Gorontalo, Arfan Arsyad, menuturkan, pengumuman hasil UN Gorontalo sebenarnya sudah dilakukan Jumat (24/5/2013) hari ini, tetapi baru sebatas pemaparan hasil kepada para Kepala Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten serta para kepala sekolah.

Hasil UN ini kemudian akan diteruskan kepada para siswa di masing-masing sekolah pada besok sore pukul 16.00 Wita.

Dikpora memilih waktu pengumuman sore hari untuk menekan jumlah siswa yang melakukan konvoi. "Kalau sudah malam kan mereka akan lebih memilih istirahat saja," ujar Arfan.

Menurut Arfan, kebijakan ini sudah pernah dilakukan tahun lalu dan berhasil. Jumlah siswa yang konvoi bisa ditekan sehingga mengurangi adanya konflik dengan warga sekitar. "Kalau siswa konvoi bisa mengganggu aktivitas masyarakat," ujar Arfan.

Dalam pemaparan hasil UN yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Telaga hari ini, terungkap 77 siswa SMA dan sederajat di Gorontalo tidak lulus UN. Arfan merinci, dari 7.493 peserta UN tingkat SMA/MA, tercatat 71 orang di antaranya yang tidak lulus. Di tingkat SMK, dari 4.081 peserta UN, hanya tercatat enam orang yang tidak lulus ujian.

"Persentase kelulusan untuk tahun 2013 mencapai 99,87 persen, lebih tinggi dibanding tahun 2012 sebelumnya yang hanya mencapai 98,5 persen," papar Arfan.

Arfan mengaku puas dengan capaian tersebut, mengingat situasi pada UN di Gorontalo beberapa waktu lalu sempat mengalami masalah berupa tertundanya UN. "Meskipun jadwal UN harus digeser dan sebagian besar peserta UN terpaksa mengerjakan soal fotokopian, semangat belajar mereka tidak kendur," puji Arfan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com