Kompas.com - 24/05/2013, 19:41 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

GORONTALO, KOMPAS.com — Berbeda dengan beberapa daerah lain, di Gorontalo, pengumuman hasil kelulusan ujian nasional (UN) baru akan dilaksanakan Sabtu (25/5/2013) besok.

Kepala Dikpora Gorontalo, Arfan Arsyad, menuturkan, pengumuman hasil UN Gorontalo sebenarnya sudah dilakukan Jumat (24/5/2013) hari ini, tetapi baru sebatas pemaparan hasil kepada para Kepala Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten serta para kepala sekolah.

Hasil UN ini kemudian akan diteruskan kepada para siswa di masing-masing sekolah pada besok sore pukul 16.00 Wita.

Dikpora memilih waktu pengumuman sore hari untuk menekan jumlah siswa yang melakukan konvoi. "Kalau sudah malam kan mereka akan lebih memilih istirahat saja," ujar Arfan.

Menurut Arfan, kebijakan ini sudah pernah dilakukan tahun lalu dan berhasil. Jumlah siswa yang konvoi bisa ditekan sehingga mengurangi adanya konflik dengan warga sekitar. "Kalau siswa konvoi bisa mengganggu aktivitas masyarakat," ujar Arfan.

Dalam pemaparan hasil UN yang digelar di Aula SMA Negeri 1 Telaga hari ini, terungkap 77 siswa SMA dan sederajat di Gorontalo tidak lulus UN. Arfan merinci, dari 7.493 peserta UN tingkat SMA/MA, tercatat 71 orang di antaranya yang tidak lulus. Di tingkat SMK, dari 4.081 peserta UN, hanya tercatat enam orang yang tidak lulus ujian.

"Persentase kelulusan untuk tahun 2013 mencapai 99,87 persen, lebih tinggi dibanding tahun 2012 sebelumnya yang hanya mencapai 98,5 persen," papar Arfan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arfan mengaku puas dengan capaian tersebut, mengingat situasi pada UN di Gorontalo beberapa waktu lalu sempat mengalami masalah berupa tertundanya UN. "Meskipun jadwal UN harus digeser dan sebagian besar peserta UN terpaksa mengerjakan soal fotokopian, semangat belajar mereka tidak kendur," puji Arfan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.