Kompas.com - 24/05/2013, 19:37 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com - Siswa SMA Negeri 1 Panarukan, Situbondo, Jawa Timur memiliki cara yang lebih bermanfaat dalam merayakan kelulusan, Jumat (24/5/2013). Mereka mensyukuri kelulusan dengan aksi donor darah. Siswa yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai ratusan orang dari kelas X, XI dan XII.

Kegiatan tersebut diawali dengan jalan santai yang dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan nasi tumpeng sebagai wujud dan bentuk syukur atas lulusnya para siswa dalam ujian nasional (UN) tahun 2013. Selain siswa, guru juga ikut mendonorkan darahnya.

"Kami sengaja melakukan kegiatan sosial berupa aksi donor darah agar perayaan kelulusan lebih bermakna dan memberikan manfaat bagi orang lain. Selama ini para siswa sering melakukan euforia kelulusan dengan cara konvoi dan aksi corat-coret baju," terang Kepala SMA Negeri 1 Panarukan Ahmad Jaenuri.

Menurutnya, selain donor darah, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial lain berupa pengumpulan baju bekas milik para siswa kelas XII atau para siswa yang lulus dalam UN tahun 2013. Sedangkan baju bekas yang dikumpulkan itu nantinya akan diberikan kepada siswa yang membutuhkan.

Kegiatan serupa juga dilakukan siswa SMA Negei 2 Situbondo dalam merayakan kelulusan. Mereka melakukan penghijauan di lingkungan sekolahnya dengan cara menanam ratusan pohon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.