Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa di Situbondo Rayakan Kelulusan dengan Donor Darah

Kompas.com - 24/05/2013, 19:37 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

SITUBONDO, KOMPAS.com - Siswa SMA Negeri 1 Panarukan, Situbondo, Jawa Timur memiliki cara yang lebih bermanfaat dalam merayakan kelulusan, Jumat (24/5/2013). Mereka mensyukuri kelulusan dengan aksi donor darah. Siswa yang terlibat dalam kegiatan ini mencapai ratusan orang dari kelas X, XI dan XII.

Kegiatan tersebut diawali dengan jalan santai yang dilanjutkan dengan kegiatan pemotongan nasi tumpeng sebagai wujud dan bentuk syukur atas lulusnya para siswa dalam ujian nasional (UN) tahun 2013. Selain siswa, guru juga ikut mendonorkan darahnya.

"Kami sengaja melakukan kegiatan sosial berupa aksi donor darah agar perayaan kelulusan lebih bermakna dan memberikan manfaat bagi orang lain. Selama ini para siswa sering melakukan euforia kelulusan dengan cara konvoi dan aksi corat-coret baju," terang Kepala SMA Negeri 1 Panarukan Ahmad Jaenuri.

Menurutnya, selain donor darah, pihaknya juga melakukan kegiatan sosial lain berupa pengumpulan baju bekas milik para siswa kelas XII atau para siswa yang lulus dalam UN tahun 2013. Sedangkan baju bekas yang dikumpulkan itu nantinya akan diberikan kepada siswa yang membutuhkan.

Kegiatan serupa juga dilakukan siswa SMA Negei 2 Situbondo dalam merayakan kelulusan. Mereka melakukan penghijauan di lingkungan sekolahnya dengan cara menanam ratusan pohon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com