Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulus UN, Siswa SMKN 1 Garut Sumbangkan Seragam

Kompas.com - 24/05/2013, 19:33 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

GARUT, KOMPAS.com — Sejumlah pelajar sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) 1 Garut, menyumbangkan pakaian seragamnya seusai pengumuman kelulusan ujian nasional di sekolahnya, Jumat (24/3/2013). Sebanyak 579 siswa peserta ujian di sekolah tersebut dinyatakan lulus seluruhnya.

Kepala SMKN 1 Garut Dadang Djohar menyatakan, seragam hasil sumbangan siswa yang lulus UN ini nantinya akan dibagikan kepada adik kelasnya. Tujuannya, membina para lulusan sekolah untuk tidak melakukan kegaduhan secara berlebihan setelah pengumuman kelulusan diumumkan. Seperti aksi konvoi di jalanan disertai corat coret seragam, atau melakukan pesta minuman keras dan seks bebas.

"Kami sudah mengimbau seluruh siswa untuk tidak corat coret seragam dan konvoi. Maka kami menggelar kegiatan menyumbangkan seragam untuk adik kelasnya. Kami juga mempersilakan merayakan kelulusan di lingkungan sekolah asal tidak merusak fasilitas yang ada di sekolah," kata Dadang, saat dihubungi pada Jumat sore.

Menurut Dadang, pengumuman kelulusan disambut teriakan histeris oleh seluruh peserta ujian di sekolah itu. Bahkan, ada beberapa siswa dan siswi yang langsung berlari dan menceburkan diri ke sebuah kolam yang berada di lingkungan sekolah. Mereka meluapkan kebahagiaannya masih dengan batas kewajaran. Juga, perayaan kelulusan itu dilakukan di lingkungan sekolah.

"Mereka meluapkan kebahagiaannya masih di lingkungan sekolah. Mereka pun datang ke sekolah dengan memakai baju biasa. Soalnya, seragam mereka bawa ke sekolah untuk disumbangkan," kata Dadang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com