Kompas.com - 24/05/2013, 19:33 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

GARUT, KOMPAS.com — Sejumlah pelajar sekolah menengah kejuruan negeri (SMKN) 1 Garut, menyumbangkan pakaian seragamnya seusai pengumuman kelulusan ujian nasional di sekolahnya, Jumat (24/3/2013). Sebanyak 579 siswa peserta ujian di sekolah tersebut dinyatakan lulus seluruhnya.

Kepala SMKN 1 Garut Dadang Djohar menyatakan, seragam hasil sumbangan siswa yang lulus UN ini nantinya akan dibagikan kepada adik kelasnya. Tujuannya, membina para lulusan sekolah untuk tidak melakukan kegaduhan secara berlebihan setelah pengumuman kelulusan diumumkan. Seperti aksi konvoi di jalanan disertai corat coret seragam, atau melakukan pesta minuman keras dan seks bebas.

"Kami sudah mengimbau seluruh siswa untuk tidak corat coret seragam dan konvoi. Maka kami menggelar kegiatan menyumbangkan seragam untuk adik kelasnya. Kami juga mempersilakan merayakan kelulusan di lingkungan sekolah asal tidak merusak fasilitas yang ada di sekolah," kata Dadang, saat dihubungi pada Jumat sore.

Menurut Dadang, pengumuman kelulusan disambut teriakan histeris oleh seluruh peserta ujian di sekolah itu. Bahkan, ada beberapa siswa dan siswi yang langsung berlari dan menceburkan diri ke sebuah kolam yang berada di lingkungan sekolah. Mereka meluapkan kebahagiaannya masih dengan batas kewajaran. Juga, perayaan kelulusan itu dilakukan di lingkungan sekolah.

"Mereka meluapkan kebahagiaannya masih di lingkungan sekolah. Mereka pun datang ke sekolah dengan memakai baju biasa. Soalnya, seragam mereka bawa ke sekolah untuk disumbangkan," kata Dadang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.