Kompas.com - 24/05/2013, 18:30 WIB
|
EditorKistyarini

DENPASAR, KOMPAS.com — Ni Kadek Vani Apriyanti (18), siswa SMA Negeri 4 Denpasar, mengaku tidak menyangka dia menjadi siswa dengan nilai terbaik ujian nasional untuk tingkat SMA se-Indonesia.

Vani yang memperoleh nilai rata-rata 9,87 pertama kali mengetahui informasi tersebut dari temannya yang membaca artikel di internet. "Saya enggak nyangka banget. Pertama kali dikasih tahu teman, abis itu nyari-nyari ke internet, abis itu beneran (terbaik)," ujar Vani yang tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat ditemui di SMA Negeri 4 Denpasar, Jumat (24/5/2013) siang tadi.

Putri kedua pasangan I Ketut Martawan dan Ni Made Mariani ini termasuk pelajar berprestasi di sekolahnya. Gadis berkacamata ini pernah menyabet medali perunggu dalam Olimpiade Sains Nasional di Jakarta saat masih duduk di kelas 11. Prestasi terbarunya adalah juara Karya Tulis Ilmiah yang diadakan sebuah perguruan tinggi negeri di Indonesia.

Saat ditanya soal pengaruh mundurnya jadwal pelaksanaan UN tahun ini Vani menganggap hal tersebut justru keuntungan baginya. "Saya menganggapnya keberuntungan, soalnya ada waktu lebih untuk belajar," jelasnya.

Dengan prestasinya ini, Vani mendapat beberapa penghargaan, antara lain beasiswa hingga lulus di perguruan tinggi negeri pilihannya serta hadiah uang tunai sebesar Rp 10 juta dari sekolahnya, SMA Negeri 4 Denpasar.

Vani berhasil menjadi peraih nilai murni tertinggi dalam UN dengan nilai 9,87. Namanya dibacakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh dalam konferensi pers di Jakarta, kemarin sore. Nilai Vani terpaut hampir satu poin dengan Aditya Agam Nugraha dari SMA Negeri 1 Surakarta yang berada di tempat kedua (baca: Ini Dia 12 Siswa dengan Nilai Tertinggi di UN 2013).

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.