Kompas.com - 24/05/2013, 18:14 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kios-kios yang buka 24 jam di wilayah Yogyakarta seringkali menjadi target kejahatan. Terkait kondisi itu, Kepolisian DIY pun meningkatkan patroli di kawasan-kawasan tersebut.

" Polda DIY akan memperketat patroli di titik-titik kerawanan, termasuk daerah usaha waralaba," kata Kepala Bidang Humas Polda DIY AKBP Anny Pudjiastuti, Jumat (24/5/2013).

Selain meningkatkan patroli selama 24 jam, polisi juga berharap akan adanya peran serta masyarakat dalam menekan terjadinya tindak kejahatan. "Masyarakat juga memiliki peran penting dalam mengawasi keamanan lingkunganya," kata Anny.

Anny menegaskan, pemilik kios waralaba yang buka 24 jam perlu memperhatikan pentingnya standar keamanan di tempat usahanya. Misalnya, dengan memasang Closed Circuit Television (CCTV) di setiap sudut toko.

Sementara itu, terakhir peristiwa pencurian dengan tindak kekerasan terjadi di toko Circle K kawasan Mancasan Kidul, Condongcatur, Depok, Sleman pada Kamis (23/5/2013). Sekitar pukul 02.40 Wib dua pemuda menggunakan penutup wajah dan bersenjatakan pedang serta senjata airsoftgun mendatangi toko Circle K di Mancasan, dan mengambil sejumlah barang. Akibatnya, pihak toko mengalami kerugian hingga mencapai Rp 6 juta.

"Para pelaku sempat menodongkan senjata ke penjaga. Selain sejumlah barang mereka juga mengambil hp milik dua penjaga toko," ungkap Kapolsek Depok Timur Kompol Qori Oktohandoko.

Qori mengatakan, aksi kedua pelaku sempat terekam CCTV yang ada di dalam toko. Rekaman CCTV pun cukup dijadikan bahan penyelidikan untuk mengungkap dan menangkap pelaku. "Korban sendiri menjelaskan jika kejadian ini bukan yang pertama kalinya. Kita masih dalami dan berusaha segera mengungkap para pelakunya," ujar Qori beberapa waktu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.