Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mangrove di Mangrove Center Balikpapan Masih Dibabat

Kompas.com - 24/05/2013, 17:44 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Pembabatan hamparan mangrove seluas 2-2,5 hektar di areal Mangrove Center, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, masih berlangsung. Mangrove Center Balikpapan sudah ditetapkan sebagai kawasan konservasi sehingga aktivitas pembabatan mangrove tidak dibolehkan.

"Dugaan saya, mangrove itu dibabat untuk kepentingan perumahan. Ini harus dihentikan. Begitu sulit menunggu mangrove primer sebesar itu, dan hanya dibabat begitu saja," Agus Bei, Ketua Mangrove Center Balikpapan, Jumat (24/5/2013).

Lokasi pembabatan itu hanya bisa dijangkau dengan perahu kecil dan arahnya berbeda dengan rute wisatawan kala menyusur Somber. Untuk menuju ke lokasi harus berjalan kaki puluhan meter menyibak rerimbunan mangrove-mangrove. Dari permukiman terdekat, lokasi ini berjarak 200-300 meter.

"Areal mangrove tersebut kepemilikannya berdasar surat segel resmi atau letter C, namun pemegang letter C tidak bisa semaunya mengalihfungsikan lahan. Kalau lahannya kawasan konservasi, jelas dilarang," kata Agus.

Sekretaris Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Panti Suhartono mengutarakan, pihaknya masih menelusuri siapa pemegang letter C di lokasi mangrove yang dibabat itu. "Kami coba berdialog dulu dengan pemegang surat letter C itu, mengapa mangrove dibabat," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com