Kompas.com - 24/05/2013, 16:18 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com— Dalam kurun waktu tiga hari dalam seminggu ini, beberapa siswa SMKN 2 Wonosari Gunungkidul mengalami kesurupan. Peristiwa kesurupan itu terjadi setelah mereka berlatih ketoprak dalam rangka hari jadi Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu siswa, Beni, mengatakan, peristiwa kesurupan ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada hari Senin (20/5/2013) ada tujuh siswa yang mengalami kesurupan, dan Selasa (21/5/2013) lima orang.

"Hari ini tiga yang kesurupan. Mereka juga pernah kesurupan pada hari Senin dan Selasa lalu," terangnya, Jumat (24/5/2013).

Sejak pagi, tiga siswa SMKN 2 Wonosari yang kesurupan langsung dimasukkan ke musala sekolah. Mereka terlihat berteriak-teriak histeris dan ditolong oleh beberapa guru. Awak media yang ingin meliput fenomena kesurupan tersebut sempat dihadang-hadangi oleh salah satu guru SMKN 2 Wonosari.

"Kalian dari mana? Bawa surat peliputan?" tegur seorang guru yang saat peristiwa kejadian mengenakan seragam olahraga. Ia pun sempat membentak para murid yang melihat peristiwa kesurupan agar segera masuk ke kelas.

"Dalam waktu lima detik, kalian harus masuk ke kelas," ucapnya.

Sementara itu, Ihsan, salah seorang guru SMKN 2 Wonosari, mengungkapkan, para siswa kesurupan karena kelelahan seusai berlatih ketoprak.

"Jika dibilang kesurupan, ya mungkin saja. Namun dasarnya karena capek," tandasnya.

Menurutnya, apa yang terjadi hari ini bukanlah peristiwa yang besar dan hanya kelelahan psikis siswa. Semua sudah bisa ditangani oleh pihak sekolah. "Tidak ada dukun, semua ditangani sekolah. Mereka juga kita bawa ke RSUD untuk mendapatkan pertolongan," pungkas Ihsan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.