Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Siswa SMK Kesurupan Seusai Berlatih Ketoprak

Kompas.com - 24/05/2013, 16:18 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com— Dalam kurun waktu tiga hari dalam seminggu ini, beberapa siswa SMKN 2 Wonosari Gunungkidul mengalami kesurupan. Peristiwa kesurupan itu terjadi setelah mereka berlatih ketoprak dalam rangka hari jadi Kabupaten Gunungkidul.

Salah satu siswa, Beni, mengatakan, peristiwa kesurupan ini bukan yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada hari Senin (20/5/2013) ada tujuh siswa yang mengalami kesurupan, dan Selasa (21/5/2013) lima orang.

"Hari ini tiga yang kesurupan. Mereka juga pernah kesurupan pada hari Senin dan Selasa lalu," terangnya, Jumat (24/5/2013).

Sejak pagi, tiga siswa SMKN 2 Wonosari yang kesurupan langsung dimasukkan ke musala sekolah. Mereka terlihat berteriak-teriak histeris dan ditolong oleh beberapa guru. Awak media yang ingin meliput fenomena kesurupan tersebut sempat dihadang-hadangi oleh salah satu guru SMKN 2 Wonosari.

"Kalian dari mana? Bawa surat peliputan?" tegur seorang guru yang saat peristiwa kejadian mengenakan seragam olahraga. Ia pun sempat membentak para murid yang melihat peristiwa kesurupan agar segera masuk ke kelas.

"Dalam waktu lima detik, kalian harus masuk ke kelas," ucapnya.

Sementara itu, Ihsan, salah seorang guru SMKN 2 Wonosari, mengungkapkan, para siswa kesurupan karena kelelahan seusai berlatih ketoprak.

"Jika dibilang kesurupan, ya mungkin saja. Namun dasarnya karena capek," tandasnya.

Menurutnya, apa yang terjadi hari ini bukanlah peristiwa yang besar dan hanya kelelahan psikis siswa. Semua sudah bisa ditangani oleh pihak sekolah. "Tidak ada dukun, semua ditangani sekolah. Mereka juga kita bawa ke RSUD untuk mendapatkan pertolongan," pungkas Ihsan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com