Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota Dua Klub Motor Tawuran, 13 Orang Terluka

Kompas.com - 24/05/2013, 15:22 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Dua kelompok klub motor sport di Bandung tawuran di Jalan Cihampelas, Bandung, Kamis (23/5/2013) malam sekitar pukul 23.00 WIB. Anggota klub motor Kawasaki Ninja Club (KNC) dan Tiger Association Bandung (TAB) ini saling serang tepat di depan minimarket Circle K.

Diperkirakan, lebih dari 10 pengemudi motor dari masing-masing klub motor tersebut terlibat tawuran. Mereka baku hantam dengan tangan kosong. Ada beberapa dari mereka yang menggunakan benda tumpul untuk menyerang lawannya. Akibat perkelahian itu, 13 orang dari kedua klub motor tersebut mengalami luka-luka, yakni delapan orang dari klub Ninja dan lima dari klub Tiger. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Polrestabes Bandung AKBP Trunoyudho Wisnu Andiko mengatakan, tawuran terjadi saat kedua kelompok motor tersebut tak sengaja bertemu di jalanan. Ketika itu, lanjut Trunoyudho, puluhan anggota KNC sedang nongkrong di depan Circle K Cihampelas. Tiba-tiba datang sekelompok anggota klub Tiger melintasi di depannya. Anggota klub Tiger sempat berhenti dan saling ejek dengan klub Ninja. Beberapa saat kemudian, terjadi tawuran antar-anggota kedua klub motor tersebut.

"Ini karena saling ejek antara kedua klub motor itu. Awalnya, mereka saling menjelek-jelekkan di jejaring sosial, seperti Facebook. Saat keduanya melakukan aksi konvoi, tak sengaja bertemu, langsung terjadilah kericuhan dan baku hantam," beber Trunoyudho kepada wartawan di Mapolrestabes Bandung, Jalan Merdeka, Bandung, Jumat (24/5/2013).

Memang, kata Trunoyudho, sebelumnya kedua klub motor besar tersebut saling bersaing. Keduanya pun punya sejarah saling bermusuhan hingga saat ini. Ketika kericuhan terjadi, hampir seluruh motor yang terparkir di situ bergulingan. Kericuhan terjadi cukup lama.

Para saksi mata, termasuk karyawan Circle K, sangat panik. Salah satu dari mereka langsung melapor polisi. "Beberapa selang kemudian, salah satu saksi mata di lokasi melaporkan kepada kami. Kami langsung terjunkan anggota ke lokasi," ungkapnya.

Polisi yang berjumlah cukup banyak melerai tawuran tersebut. Semua yang terlibat dalam perselisihan itu langsung dibawa ke Mapolrestabes Bandung untuk diperiksa.

Pantauan Kompas.com di Mapolrestabes, Kamis malam, terlihat banyak para pengendara dari dua klub motor sedang berkerumun, menunggu proses BAP. Keduanya saling menuntut dan saling menyalahkan. Proses BAP berakhir pada Jumat (24/5/2013) pukul 04.00 WIB. Sementara 13 orang yang menjadi korban luka dipersilakan pulang untuk mengobati lukanya masing-masing.

"Proses BAP hampir selesai sampai pagi. Kasus ini masih belum selesai, masih dalam proses penanganan kami," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com