Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Motor 15 Kilometer untuk Rayakan Kelulusan

Kompas.com - 24/05/2013, 15:08 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Jika banyak siswa merayakan kelulusan dengan berkonvoi atau mencoret seragam, dua pelajar SMKN I Tanjungsari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, memilih mengungkapkan sukacita dengan cara lain.

Hendrawan Kristanto dan Anang Sayekti merayakan kelulusan dengan mendorong sepeda motor mereka dari sekolah mereka di Jalan Yogyakarta-Wonosari sampai ke rumah Semanu, yang berjarak tak kurang dari 15 kilometer, Jumat (24/5/2013).

"Ini nazar kami. Jika lulus, kami akan berjalan kaki mendorong motor sampai rumah," terang Hendrawan saat ditemui di sekitar Bunderan Siyono, Gunungkidul.

Menurut pelajar itu, aksi dorong motor itu merupakan ungkapan syukur karena telah menyelesaikan jenjang pendidikan di SMK.

"Orangtua sudah bersusah payah menyekolahkan. Setelah ini, saya ingin bekerja di Jepang dan membantu orangtua," ujar remaja itu.

Hal senada diucapkan sahabatnya, Anang, yang juga ingin segera bekerja untuk membantu ekonomi keluarganya.

"Sampai di rumah saya ingin sungkem dan berterima kasih atas restu mereka saya bisa lulus. Sebelum Jumatan (shalat Jumat), kami harus sudah sampai di rumah," tukas Anang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Gunungkidul, Bharon Rosyid, mengatakan, tahun ini ada peningkatan kelulusan di Kabupaten Gunungkidul, yakni dari 9.334 peserta ujian nasional tingkat SMA/SMK, yang tidak lulus empat siswa.

"Tahun 2012, ada 33 siswa yang tidak lulus, peningkatan kelulusan ini sebuah prestasi yang patut diapresiasi," ungkap Bharon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com