Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jago Kluruk

Kompas.com - 24/05/2013, 03:36 WIB

Kehadiran penyanyi keroncong asal Solo, Endah Laras (35), menghidupkan suasana pementasan Dongeng untuk Bangsa di Bentara Budaya Jakarta, Rabu (22/5) malam.

Dia membawakan lagu ”Jago Kluruk” sambil ”menggoda” para tamu di barisan tempat duduk paling depan, seperti pengusaha dan pendiri Grup Medco, Arifin Panigoro; pengamat politik Sukardi Rinakit; serta Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Susilo Siswoutomo.

”Wes wayahe suk jago kluruk... (sudah saatnya ayam jantan berkokok),” Endah bernyanyi, yang langsung disambut suara berkokok ayam jantan dari Arifin, Sukardi, dan Susilo.

Adegan spontan ini mengundang tawa penonton. Sebelumnya, Endah juga membalas godaan yang dilontarkan sutradara Garin Nugroho, sang pendongeng dalam acara tersebut.

”Kenapa tadi Mas (Garin), menyebut saya apa? Terang sekali? Maaf, Mas, saya enggak selera dengan sutradara. Sedikit-sedikit (bilang) cut, cut. Saya lebih suka pak guru, yang sering bilang ulangi lagi, ulangi lagi. Kalau saya bilang, wah enggak bisa, Mas, jawabannya pasti, enggak apa-apa, ulangi lagi,” katanya.

Penampilan Endah yang hanya sebentar itu beberapa kali mengundang tawa penonton. Apalagi saat dia menutup penampilan dengan kalimat pamungkas. ”Eh, jangan tepuk tangan, apalah artinya tepuk tangan tanpa saweran,” ujar Endah sambil memegang ukulele. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com