Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Aksi Kejutan Lewangoalski

Kompas.com - 24/05/2013, 03:35 WIB

Robert Lewandowski bisa dipastikan akan menjadi andalan Borussia Dortmund pada laga final Liga Champions melawan Bayern Muenchen, Sabtu (25/5), di Stadion Wembley, London.

Penyerang asal Polandia dengan tinggi badan 1,84 meter ini telah menunjukkan dirinya mempunyai kemampuan menembus pertahanan lawan, mencari celah-celah untuk membobol gawang lawan, membuka ruang bagi kawan-kawannya untuk melepaskan tembakan ke gawang lawan. Kemampuan itu membuat Robert Lewandowski menjadi ancaman bagi para pemain belakang Bayern Muenchen.

Dengan 10 golnya di Liga Champions, Lewandowski telah membuktikan kehebatannya pada laga di semifinal melawan Real Madrid. Empat golnya ke gawang Madrid menenggelamkan nama besar penyerang Madrid, Cristiano Ronaldo. Pemain kelahiran Warsawa, 21 Agustus 1988, itu juga menunjukkan penyatuan yang sempurna dengan revolusi sepak bola yang dilakukan Juergen Klopp di Dortmund. Lewandowski rajin menjelajah lapangan sehingga kelengahan pemain belakang lawan bisa langsung dia manfaatkan. Tak mengherankan jika publik menjulukinya ”Lewangoalski.”

Keberhasilan Dortmund menjuarai Bundesliga berturut-turut pada 2011 dan 2012 tidak lepas dari peran Lewandowski yang hingga saat ini sudah mencetak tak kurang dari 54 gol untuk Dortmund. Wajarlah bila federasi sepak bola Polandia menobatkannya sebagai Pesepak Bola Terbaik Polandia 2012.

Sejak usia tujuh tahun

Lewandowski memulai karier dengan berlatih sepak bola pada usia tujuh tahun di Varsovia Warsawa (1997-2004). Dia kemudian pindah ke Delta Warsawa di mana dia mendapatkan tempat di tim utama dan mencetak empat gol untuk klubnya itu.

Pada 2006-2007, Lewandowski bergabung di klub yang tergabung di divisi tiga, Znicz Pruskow, dan mencetak 15 gol. Bakat Lewandowski itu mendapat perhatian dari Lech Poznan, yang kemudian membelinya dari Znicz. Penampilannya yang mengilap di Poznan, membawa Lewandowski ke Dortmund.

Kariernya yang sudah mulai mengilat saat masih di Lech Poznan (2008-2010) dan semakin mengilap di Dortmund membuat Lewandowski menjadi incaran banyak klub besar, antara lain Manchester United. Akan tetapi, Lewandowski masih terikat kontrak dengan Dortmund hingga 2014.

Pertemuan kembali dengan Bayern, setelah dikalahkan juara Bundesliga 2013 itu pada laga Piala Jerman, menjadi kesempatan bagi Lewandowski untuk mengobrak-abrik pertahanan Bayern. Pada laga di Piala Jerman, Lewandowski dibuat tak berdaya dengan rapatnya pengawalan pemain-pemain Bayern. Pada laga ini giliran Lewandowski yang harus membuktikan ia mampu mendobrak benteng Bayern. (OKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com