Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thailand Tangkap Penipu Bank Asal Italia

Kompas.com - 23/05/2013, 17:44 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Aparat keamanan Thailand, Kamis (23/5/2013), menangkap seorang warga negara Italia yang sudah lama diincar terkait sindikat penjualan manusia yang merugikan  bank dan pemerintah Eropa hingga 10 juta dolar AS.

Stefano Raccagni (38), menjadi buronan pemerintah Italia karena diduga kuat menjadi anggota geng di Milan yang terlibat penyelundupan manusia untuk menipu pajak dan perbankan. Demikian pernyataan dinas imigrasi Thailand.

"Kedutaan besar Italia menuduh dia menjadi anggota inti sebuah organisasi kriminal. Dia dicurigai memalsukan dokumen bagi para imigran ilegal untuk mendapatkan uang dari pemerintah dan bank," demikian pernyataan imigrasi Thailand.

Stefano ditangkap pada Selasa (21/5/2013), di kota Chiang Mai tempat pria ini tinggal sejak 2009 bersama kekasihnya yang warga negara Thailand.

"Pemerintah Italia mengatakan pria ini memiliki sedikitnya 10 juta dolar AS dalam rekening banknya," kata seorang pejabat imigrasi yang tak ingin disebut namanya.

Pejabat imigrasi itu menambahkan Stefano diketahui memiliki bisnis peminjaman uang di Chiang Mai. Dalam waktu dekat Stefano akan diekstradisi ke Italia.

Thailand diketahui menjadi salah satu tujuan utama di Asia bagi orang-orang yang lari dari kejaran pemerintah mereka.

Sebelumnya, imigrasi Thailand juga menangkap seorang perempuan Perancis di pulau wisata Samui. Perempuan itu menjadi buronan pemerintah Perancis terkait kasus penipuan 1,3 juta dolar dalam kontrak pembangunan rumah.

Pada Desember tahun lalu, pengadilan Thailand memerintahkan ekstradisi seorang mantan bankir Italia, Vito Roberto Palazzolo yang dituduh melakukan pencucian uang untuk dua  ketua mafia Sisilia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com