Kompas.com - 23/05/2013, 15:10 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Parkir liar di bahu jalan semakin marak di jalan-jalan Ibu Kota. Kondisi ini menyebabkan kemacetan lalu lintas yang semakin parah.

Melihat itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menginstruksikan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bertindak tegas terhadap parkir liar tersebut. Bahkan, apabila Dishub DKI tidak berhasil menertibkan parkir liar di bahu jalan, Basuki mengancam pencopotan jabatan Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono.

"Kita pasti akan kasih sanksi. Saya sudah bilang, kalau Pak Pristono enggak sanggup, akan diganti. Dia bilang kalau ini gagal, jangan saya saja yang diganti, kepala suku dinasnya juga diganti, dong," kata Basuki di Balaikota Jakarta, Kamis (23/5/2013).

Parkir liar di Jakarta, kata dia, sudah sangat membeludak. Apabila terus dibiarkan, lama-kelamaan, lajur jalan hanya dipakai sebagai lahan parkir. Kendaraan bermotor yang parkir liar di bahu jalan akan langsung diberikan sanksi di tempat.

Pria yang akrab disapa Ahok itu menjelaskan, sanksi untuk mobil adalah penggembokan roda sehingga tidak bisa jalan. Sementara itu, apabila motor yang tertangkap diparkir di bahu jalan, maka akan segera diangkut atau dibawa oleh petugas Dishub DKI.

"Motornya kalau enggak mau dimasukkan akan langsung kita angkut saja," kata mantan Bupati Belitung Timur itu.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, parkir-parkir liar semakin marak di beberapa ruas jalan Jakarta. Seperti di Jalan Keboh Sirih depan gedung Lemhanas, mobil-mobil parkir di bahu jalan hingga menghabiskan dua lajur jalan. Kondisi yang sama juga terjadi di Jalan Cikini, Pasar Gembrong, dan sepanjang Jalan Otista, Jakarta Timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.