Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Meningkat, Mangrove Center Tambah Fasilitas

Kompas.com - 23/05/2013, 15:06 WIB
Lukas Adi Prasetya

Penulis

BALIKPAPAN, KOMPAS.com-     Mangrove Center Balikpapan, Kalimantan Timur, terus berupaya menyamankan pengunjung, seiring jumlah kunjungan yang terus meningkat. Dalam waktu dekat, segera ditambah jalan  setapak dari papan-papan kayu, dan dermaga sandar.         

Ketua Mangrove Center Agus Bei, mengatakan, dalam sebulan setidaknya 100 pengunjung datang ke tempat wisata ini. Jumlah itu belum termasuk kelompok-kelompok kecil wisatawan, peneliti, dan anak-anak sekolah.

"Mereka yang sudah tua pun tertarik ke sini," katanya.     

Papan-papan kayu sebagai jalan setapak saat ini terlalu pendek jaraknya, hanya 50-an meter, karena hanya berujung di dermaga sandar.

Ia tengah membahas kerja sama bersama sebuah perusahaan yang bersedia membantu tempat ini, dengan penambahan jalan setapak dan dermaga.

"Penambahan fasilitas dilakukan secepatnya. Hal itu akan memudahkan pengunjung yang usianya tua, agar mudah naik ke perahu. Atau jika tidak naik perahu, pengunjung juga bisa menyusur mangrove dengan berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter," ujar Agus Bei.

Mangrove Center yang terletak di ujung Perumahan Graha Indah, kariangau, ini merupakah tempat wisata alam yang digerakaan warga setempat.

Pengunjung bisa menyusur sungai Somber sembari menikmati hamparan mangrove, dan jika sore hari bisa menjumpai kawanan bekantan di rerimbunan mangrove.

Kawasan ini dicanangkan sebagai kawasan konservasi oleh Pemkot Balikpapan pada Juli 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com