Kompas.com - 22/05/2013, 19:12 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — CEO Freeport McMoRan Copper Gold Inc, Richard C Adkerson, mengatakan, runtuhnya batuan di ruang pelatihan area tambang Big Gossan di PT Freeport Indonesia, Papua, merupakan peristiwa yang berat bagi pihaknya. Bagi Freeport, kata Adkerson, keselamatan pekerja merupakan prioritas.

"Saya harus katakan, ini sesuatu yang berat untuk Freeport. Bagi perusahaan kami, tidak ada yang lebih penting daripada keselamatan para pekerja," kata Adkerson seusai bertemu dengan Menteri ESDM Jero Wacik di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Ikut hadir dalam pertemuan Direktur Utama PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto. Pertemuan digelar setelah proses evakuasi selesai. Semua korban runtuhnya bekas tambang bawah tanah yang berjumlah 38 orang telah dievakuasi. Sebanyak 28 orang di antaranya tewas, lima orang luka ringan, dan lima orang luka berat.

Adkerson bercerita, saat menerima informasi runtuhnya tempat pelatihan, ia tengah berada di Barcelona, Spanyol. Peristiwa terjadi pada 14 Mei pukul 7.30 WIT. Adkerson bersama tim langsung terbang ke Papua untuk melihat lokasi.

Adkerson mengatakan, pihaknya memiliki rekam jejak yang baik dalam hal keselamatan pekerja. Sejak awal kejadian, kata dia, pihaknya sudah melakukan yang terbaik untuk menyelamatkan para pekerja. Menurut dia, tim yang dikerahkan merupakan ahli-ahli terbaik.

"Seminggu belakangan ini menjadi minggu yang berat bagi kami semua saat saya bertemu dengan para pekerja yang terluka dan bertemu keluarga mereka di rumah sakit," kata dia.

Adkerson juga mengapresiasi tim evakuasi yang telah bekerja tanpa berhenti. Dedikasi mereka, kata dia, luar biasa dalam situasi yang sangat berbahaya dan sulit untuk dihadapi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berkomitmen untuk mengurus keluarga korban. Kami juga berkomitmen untuk transparan saat investigasi berlangsung. Kami sadar ini adalah tanggung jawab kami dan kami bertanggung jawab dengan jalan yang benar," pungkas Adkerson.

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X