Kompas.com - 20/05/2013, 19:20 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com — Jajaran Polres Situbondo menggagalkan dugaan percobaan perdagangan manusia (trafficking) yang dilakukan oleh HM (51), warga Sumenep, Madura, terhadap Indi Rizkiyana (16), warga Desa Bayeman, Kecamatan Arjasa, Situbondo, Jawa Timur.

Terbongkarnya kasus dugaan trafficking terhadap anak di bawah umur lulusan SMP ini berawal saat orangtua korban dihubungi lewat telepon oleh Rizki. Dalam percakapannya, korban menjelaskan bahwa dirinya akan dibawa ke Kabupaten Jember, dan besok akan dikirim ke Malaysia. Setelah menerima telepon dari putrinya, tanpa banyak pertimbangan sang ibu langsung melaporkannya ke Polres Situbondo.

"Karena dalam percakapan lewat ponsel, anak saya besoknya akan dijual ke Malaysia," kata ibu korban.

Bahkan, begitu mendapat laporan pada Senin (13/5/2013) lalu, kepolisian langsung melakukan penyelidikan. Setelah dilacak melalui nomor ponsel korban Indi Rizkiyani, ternyata HM dan korban sedang berada di salah satu hotel di Kabupaten Situbondo. Polisi pun langsung meringkus HM.

Guna penyelidikan lebih lanjut, HM dan korban diperiksa di Mapolres Situbondo. "Begitu ditemukan, korban dan terlapor langsung kita amankan, kemudian kami masih terus melakukan penyelidikan," kata Kepala Subag Humas Polres Situbondo AKP Wahyudi, Senin (20/5/2013).

Jika terbukti melakukan perdagangan manusia, maka HM akan dijerat Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Wahyudi mengimbau kepada seluruh masyarakat yang hendak bekerja, khususnya ke luar kota atau ke luar negeri, agar sekiranya mempertimbangkan matang-matang, mencari lembaga yang legal, dan melalui orang yang sudah dikenal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.