Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrok Warga, Rumah dan Sepeda Motor Dibakar

Kompas.com - 19/05/2013, 19:46 WIB
Reny Sri Ayu

Penulis

SIGI, KOMPAS.com - Sedikitnya 24 rumah warga dan tiga unit sepeda motor dibakar dalam bentrok antarwarga di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu, (19/5/2013). Hingga Minggu malam, api belum padam. Rumah warga yang terbakar berada di Dusun IV, Desa Pesaku, Kecamatan Dolo Barat.

Warga desa ini terlibat bentrok dengan warga Desa Sidondo, Kecamatan Sigi Biroimaru, sejak beberapa hari terakhir. "Pembakaran terjadi menjelang Maghrib. Saat itu banyak warga dusun yang meninggalkan rumah karena sedang mempersiapkan pesta di salah satu rumah kerabat di dusun lain. Tidak ada yang menyangka pembakaran ini," kata Ari, salah satu warga.

Kepala Kepolisian Resor Donggala, Ajun Komisaris Besar Guruh Arif Darmawan yang ditemui di lokasi mengatakan, polisi tidak bisa berbuat banyak mencegah aksi pembakaran karena jumlah warga lebih banyak. "Selain itu, mereka menyerang polisi yang berusaha melerai. Memang posisinya sebagian petugas sudah ditarik karena pada Selasa lalu sudah ada pertemuan antarwarga desa dan sepakat berdamai. Pertemuan bahkan turut dihadiri Bupati Sigi. Jadi kami pikir situasinya sudah kondusif. Kami juga tidak menyangka ada peristiwa yang tiba-tiba ini," katanya.

Saat ini ratusan aparat kepolisian disiagakan di perbatasan kedua desa yang terlibat bentrok, untuk mencegah aksi saling serang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com