Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Tornello, Papandayan Masih Siaga

Kompas.com - 17/05/2013, 09:37 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Status siaga gunung api Papandayan yang berlokasi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, hingga kini belum diturunkan oleh Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Pasalnya, kegempaan dan aktivitas vulkanik lainnya masih terus terjadi. Berdasarkan rilis hasil pantauan PVMBG terbaru pada Jumat (17/5/2013) dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB, tercatat aktivitas gunung Papandayan adalah tiga kali gempa vulkanik dangkal, dua kali gempa tektonik lokal, dua kali gempa tektonik jauh dan tiga kali gempa vulkanik dalam.

Selain beberapa gempa tersebut, terjadi juga satu kali gempa Tornello yang menunjukkan aktivitas vulkanik Gunung Papandayan masih tinggi. "Gempa Tornello itu, biasanya gempa-gempa dangkal terkait dengan aliran fluida. Bisa uap, gas, magma, atau bahkan campuran semuanya," kata kepala PVMBG Surono saat dihubungi, Jumat (17/5/2013).

Terkait aktivitas Papandayan yang masih tergolong tinggi, Surono mengimbau kepada masyarakat agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius dua kilometer dari puncak Papandayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com