Kompas.com - 16/05/2013, 13:47 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KENDARI, KOMPAS.com- Polisi mengamankan tiga ton bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari sebuah kapal motor nelayan (KMN) Arif Jaya 02 di perairan Teluk Kendari, pukul 23.30, Rabu kemarin. Polisi juga menahan empat orang yang diduga terlibat dalam aksi penyalahgunan BBM bersubsidi tersebut.

Ketua tim operasi pemberantasan penyalahgunaan BBM. Ajun Komisaris Polisi (AKP) Isram Acir Jatmiko mengatakan, penyitaan BBM ilegal itu dilakukan saat Sea Raider KP. Manyar 5003 melakukan patroli di Perairan Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Kami menemukan perahu kelotok sedang membongkar muatan BBM bersubsidi jenis solar ke mobil suzuki carry warna merah, nomor polisi DT1576BE yang rencananya akan dibawa ke gudang penampungan di Pelabuhan TPI Perikanan Samudera Kendari," ungkap Isram di Kantor Polair Polda Sultra, Kamis (16/5/2013).

"Empat pelaku yang terlibat saat ini ditahan di markas Polair Polda Sultra, untuk selanjutnya akan diproses hukum," ujarnya. Keempat orang tersebut yakni sopir, dua petugas keamanan SPBN dan pemilik BBM, masing-masing berinisial AL, AA, AK dan GF.

Isram menjelaskan, penyitaan tiga ton BBM dilakukan karena barang tersebut tidak dilengkapi dokumen atau surat pengangkutan BBM. "Pelaku dijerat hukuman 5 tahun penjara karena melanggar Pasal 55 UU Migas Nomor 22 Tahun 2001," kata Isram.

Sebelumnya diberitakan, kasus penangkapan empat ton BBM ilegal di Perairan Kendari, Sulawesi Tenggara juga berhasil diungkap polisi. Saat itu, patroli Mabes polri mencegah sebuah kapal motor di Perairan Teluk Kendari yang membawa BBM bersubsidi ke Salabangka, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah bulan April lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.