Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Herman Daru Saingi Kekayaan Alex Noerdin

Kompas.com - 16/05/2013, 03:25 WIB

PALEMBANG, KOMPAS - Calon gubernur terkaya yang akan bertarung dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Sumatera Selatan adalah Herman Deru. Nilai harta kekayaan Bupati Ogan Komering Ulu Timur ini mencapai Rp 29,3 miliar.

Herman menandingi kekayaan calon gubernur petahana Alex Noerdin yang tercatat Rp 28,1 miliar.

Nilai kekayaan para kandidat dalam Pilkada Sumsel meningkat drastis dari Rp 3,2 miliar hingga Rp 11,6 miliar. Peningkatan nilai harta kekayaan ini rata-rata diperoleh dari penambahan nilai aset tak bergerak, yaitu tanah dan bangunan.

Kandidat dengan nilai kekayaan tertinggi kedua adalah calon gubernur petahana Alex Noerdin dengan Rp 28,1 miliar.

Nilai harta kekayaan tersebut dibacakan setiap kandidat dalam deklarasi laporan harta kekayaan calon gubernur dan wakil gubernur Sumsel 2013-2018 yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), di Palembang, Sumsel, Rabu (15/5).

Berdasarkan laporan tersebut, nilai harta kekayaan Bupati Ogan Komering Ulu Timur itu naik Rp 11,3 miliar dibanding laporan kepada KPK tiga tahun lalu. Kenaikan harta kekayaan Herman ini juga merupakan tertinggi di antara tujuh kandidat lainnya.

Peningkatan tertinggi kekayaan kandidat gubernur Sumsel nomor urut tiga itu terdapat pada aset tanah dan bangunan yang bertambah sekitar Rp 7 miliar dan usaha lahan seperti pertanian, perikanan, dan perkebunan yang meningkat hampir Rp 4 miliar.

Herman mengatakan, penambahan kekayaan ini terutama diperoleh dari berbagai usahanya sendiri, di antaranya usaha ritel, kontraktor, dan transportasi. Ia menyebutkan keuntungan terbesar berasal dari usaha transportasi. ”Selain itu, semua rata-rata aset lama yang pertambahan nilainya juga didapat dari pertambahan nilai jual obyek pajak,” katanya.

Nilai kekayaan tertinggi kedua adalah calon gubernur petahana Alex Noerdin dengan Rp 28,1 miliar. Nilai kekayaan kandidat gubernur Sumsel nomor urut empat ini naik Rp 8,4 miliar dibanding laporan tahun lalu dalam pemilihan gubernur DKI Jakarta.

Kenaikan nilai harta kekayaan Alex terbesar juga terdapat pada bertambahnya nilai aset tanah dan bangunan sekitar Rp 5,3 miliar. Juga terdapat penambahan nilai giro serta setara kas lainnya mendekati Rp 3 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com