Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Sepeda Lipat di KRL Gratis

Kompas.com - 16/05/2013, 03:00 WIB

Jakarta, Kompas - Penumpang kereta rel listrik bisa membawa serta sepeda lipat dalam perjalanan tanpa dipungut biaya tambahan. Namun, barang-barang yang berukuran besar dan tidak bisa ditaruh di rak bagasi tidak diperkenankan dibawa ke dalam kabin penumpang.

Manajer Komunikasi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Rabu (15/5), mengatakan, satu sepeda lipat atau satu barang yang berukuran tidak lebih dari 40 x 30 x 100 sentimeter kubik diperbolehkan dibawa seorang penumpang KRL. Barang dengan dimensi itu tidak dikenai biaya tambahan. Pembawa sepeda lipat hanya perlu membeli satu tiket.

”Barang diperbolehkan dibawa penumpang KRL selama bisa dijinjing dan tidak memakan ruang penumpang kereta. Barang juga bisa diletakkan di rak bagasi yang ada di kabin,” kata Eva.

Barang besar dilarang

Peraturan ini diterapkan untuk mengakomodasi pengguna KRL yang membawa barang, termasuk sepeda lipat. Di sisi lain, fungsi KRL untuk mengangkut penumpang juga diutamakan sehingga jumlah dan ukuran barang bawaan harus dibatasi.

”Sekarang tidak ada lagi keharusan penumpang yang membawa barang berukuran besar untuk membeli tiket dua. Akan tetapi, mereka yang membawa barang besar tidak diperbolehkan naik KRL,” ucapnya.

Dia menambahkan, karakter KRL berbeda dengan kereta jarak jauh yang masih bisa digandengkan dengan gerbong barang. Sejauh ini, tidak ada gerbong khusus barang di rangkaian KRL.

Ketentuan ini diharapkan bisa mengurangi kerancuan penerapan aturan di lapangan. Sebagai bentuk sosialisasi, PT KCJ menempelkan pengumuman di stasiun-stasiun dan membagikan selebaran untuk sosialisasi kepada penumpang.

Komunitas sepeda dukung

Ketua komunitas Bike to Work, Toto Sugito, mendukung kebijakan ini. ”Kebijakan ini adalah bentuk integrasi antarmoda transportasi. Sepeda menjadi pengumpan KRL,” kata Toto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com