Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peringati Harkitnas, Tim Ekspedisi NKRI Daki Gunung Mekongga

Kompas.com - 16/05/2013, 00:38 WIB
Kontributor Kolaka, Suparman Sultan

Penulis

KOLAKA, KOMPAS.com — Puluhan anggota Tim Ekspedisi NKRI koridor Sulawesi 2013 subkorwil IX/Kolaka, Sulawesi Tenggara, memulai pendakian ke Gunung Mekongga yang terletak di wilayah Kolaka dan Kolaka Utara.

Pendakian tersebut melibatkan 50 orang yang terdiri dari berbagai satuan TNI/POLRI, mahasiswa, dan kelompok pecinta alam.

Menurut komandan lapangan tim Ekspedisi NKRI subkorwil IX/Kolaka, Kapten Inf Reza Fajar Lesmana, selain bagian dari agenda Tim Ekspedisi NKRI subkorwil IX/Kolaka, pendakian ini juga untuk meningkatkan jiwa besar secara individu dan secara kebersamaan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional.

Di puncak gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara ini pula nanti akan dibangun sebuah prasasti.

"Tim pertama yang berangkat atau memulai pendakian itu sebanyak 16 orang, selebihnya akan menyusul. Hari Kebangkitan Nasional kan itu tanggal 20 Mei. Kenapa kami berangkat lebih awal sebab perjalanan menuju puncak Gunung Mekongga itu sekitar 3 hari. Artinya kalau masih ada sisa waktu akan kita gunakan untuk lakukan persiapan lainnya ketika menjelang tiba di puncak itu," ungkap Kapten Inf Reza Fajar Lesmana, Rabu (15/5/2013).

Dia menambahkan bahwa dalam pendakian ini seluruh peserta yang ada tergabung dalam tim ekspedisi, mengutus sekitar dua orang perwakilan tiap-tiap unit seperti unit peneliti, mahasiswa, dan tim jelajah. Selain itu, dilibatkan juga Kelompok Pecinta Alam Citaka sebagai peserta dalam pendakian ini.

"Karena mereka kan sudah sering naik ke puncak Mekongga minimal sudah mengetahui medan lah," tambahnya.

Rencanaya, akan ada peresmian dan pendirian tugu Ekspedisi NKRI di puncak Mekongga. Tuganya sudah ada dan akan dibawa menggunakan helikopter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com