Kompas.com - 16/05/2013, 00:38 WIB
|
EditorTri Wahono

KOLAKA, KOMPAS.com — Puluhan anggota Tim Ekspedisi NKRI koridor Sulawesi 2013 subkorwil IX/Kolaka, Sulawesi Tenggara, memulai pendakian ke Gunung Mekongga yang terletak di wilayah Kolaka dan Kolaka Utara.

Pendakian tersebut melibatkan 50 orang yang terdiri dari berbagai satuan TNI/POLRI, mahasiswa, dan kelompok pecinta alam.

Menurut komandan lapangan tim Ekspedisi NKRI subkorwil IX/Kolaka, Kapten Inf Reza Fajar Lesmana, selain bagian dari agenda Tim Ekspedisi NKRI subkorwil IX/Kolaka, pendakian ini juga untuk meningkatkan jiwa besar secara individu dan secara kebersamaan dalam rangka Hari Kebangkitan Nasional.

Di puncak gunung tertinggi di Sulawesi Tenggara ini pula nanti akan dibangun sebuah prasasti.

"Tim pertama yang berangkat atau memulai pendakian itu sebanyak 16 orang, selebihnya akan menyusul. Hari Kebangkitan Nasional kan itu tanggal 20 Mei. Kenapa kami berangkat lebih awal sebab perjalanan menuju puncak Gunung Mekongga itu sekitar 3 hari. Artinya kalau masih ada sisa waktu akan kita gunakan untuk lakukan persiapan lainnya ketika menjelang tiba di puncak itu," ungkap Kapten Inf Reza Fajar Lesmana, Rabu (15/5/2013).

Dia menambahkan bahwa dalam pendakian ini seluruh peserta yang ada tergabung dalam tim ekspedisi, mengutus sekitar dua orang perwakilan tiap-tiap unit seperti unit peneliti, mahasiswa, dan tim jelajah. Selain itu, dilibatkan juga Kelompok Pecinta Alam Citaka sebagai peserta dalam pendakian ini.

"Karena mereka kan sudah sering naik ke puncak Mekongga minimal sudah mengetahui medan lah," tambahnya.

Rencanaya, akan ada peresmian dan pendirian tugu Ekspedisi NKRI di puncak Mekongga. Tuganya sudah ada dan akan dibawa menggunakan helikopter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.