Kompas.com - 15/05/2013, 15:26 WIB
EditorErvan Hardoko

TAIPEI,  KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan menarik perwakilan diplomatiknya dari Filipina dan menghentikan penerimaan pekerja pendatang asal Filipina.

Langkah itu ditempuh berkaitan dengan tewasnya seorang nelayan Taiwan, Hung Shih-cheng, karena ditembak oleh penjaga pantai Filipina, Kamis 9 Mei lalu.

Kepada perwakilan Filipina di Taipei, Antonio Basilio, sudah meminta maaf kepada Taiwan atas insiden penembakan tersebut namun dianggap masih belum cukup.

"Karena kurangnya kejujuran dan konsistensi dari pemerintah Filipina, Presiden Ma Ying-jeou mengungkapkan ketidakpuasan yang kuat dan dia tidak bisa menerima tanggapan yang tidak berhati-hati dan tanpa perhatian khusus," seperti ditulis dalam pernyataan kantor kepresidenan Taiwan.

Ditambahkan bahwa setelah pertemuan tingkat tinggi antara kedua negara, Taiwan memutuskan untuk segera menerapkan sanksi antara lain menarik perwakilan diplomatiknya dari Filipna dan pembekuan izin bagi pekerja asal Filipina.

Sekitar 80.000 lebih warga Filipina bekerja di Taiwan dan sebagian besar di sektor manufaktur yang memproduksi barang untuk keperluan ekspor. 

Kawasan Sengketa

Sementara itu Perdana Menteri Taiwan, Jiang Yi-huah, mengatakan pemerintah Taiwan mengharapkan pernyataan maaf disampaikan secara resmi oleh pemerintah Manila.

"Penembakan dilakukan oleh salah seorang pegawai negara dan pemerintah tidak bisa menghindar dari tanggung jawabnya," tuturnya seperti dikutip kantor berita AFP.

Pemerintah Taiwan sudah menuntut penjelasan dan permintaan maaf sehari setelah insiden yang terjadi di Selat Bashi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.