Kompas.com - 15/05/2013, 00:05 WIB
|
EditorTri Wahono

SEMARANG, KOMPAS.com — Para pasangan calon gubernur Jawa Tengah dinilai tidak memiliki program yang fokus untuk mengatasi masalah di Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan pengamat ekonomi Undip FX Sugiyanto yang juga panelis acara debat cagub di Gedung Prof Soedharto Undip, Semarang, Selasa (14/5/2013) malam.

Ia mengatakan, dari ketiga pasangan ada yang cukup menguasai materi, tetapi masih ada juga yang  kurang fokus.

"Saya mengharapkan ada satu program yang fokus mengatasi masalah di Jawa Tengah seperti ketimpangan, kemiskinan, dan pengangguran. Tapi semua program masih normatif," jelasnya.

Menurutnya, dari pasangan calon terlihat belum tergambar secara jelas dan baik terkait program yang akan dijalankan. Menurutnya, hal itu dimungkinkan karena para calon kurang menguasai topik.

"Untuk persoalan di Jawa Tengah terkait ekonomi ya seperti yang saya sampaikan, saya berharap ada satu ini loh programnya, sayangnya belum ada yang begitu," katanya.

Dari para pasangan calon, ungkapnya, masih ada yang terlihat bingung saat harus menjawab pertanyaan. "Tapi jangan ditanya siapanya," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan, masih berharap para calon gubernur itu memikirkan konsep kerja sama yang baik dengan para bupati dan wali kota. Gubernur, ungkapnya, tidak memiliki wilayah, sebab itu harus bisa bekerja sama yang baik dengan pemkab dan pemkot.

"Jadi bukan hanya bupati yang memahami gubernur, gubernur juga harus memahami bupati kalau mau pembangunan itu berhasil," tandasnya.

Sementara itu, budayawan Jaya Suprana mengaku bangga menjadi orang Jawa Tengah. Sebab para pasangan calon ataupun pendukung berkompetisi secara fair.

"Meski mereka berkompetisi tapi tetap bersahabat, itu luar biasa," katanya.

Acara debat tersebut disiarkan secara langsung di KompasTV. Diikuti tiga pasangan calon yakni Hadi Prabowo-Don Murdono yang mengenakan batik, pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang juga mengenakan batik coklat, dan pasangan ketiga Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang selalu kompak mengenakan kemeja putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.