Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelempar Bom di Tasik Terkait Jaringan Teroris Bandung

Kompas.com - 14/05/2013, 19:44 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Irwan alias Salim, pelaku pelemparan bom di pos polisi lalu lintas perempatan Mitra Batik, Tasikmalaya diketahui terkait jaringan teroris Bandung. Irwan merupakan anggota kelompok William Maksum yang ditangkap di Bandung beberapa waktu lalu.

"Berdasarkan hasil konfirmasi pelaku yang sudah ditangkap minggu lalu di Bandung, khususnya Wiliam Maksum, kebetulan yang bersangkutan mengenal dia sebagai anggotanya," terang Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal (Pol) Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (14/5/2013).

Boy menjelaskan, Irwan terpaksa ditembak mati karena melakukan perlawanan. Setelah melakukan pelemparan bom, polisi langsung melakukan pengejaran. Irwan terpergok garasi rumah warga. Saat itu dia langsung melakukan perlawanan dengan menggunakan golok yang mengenai bahu kanan Aiptu Widartono terluka. Kemudian, Irwan juga mencoba melepaskan senjata api. Baku tembak pun terjadi dan menewaskan Irwan.

"Jadi yang bersangkutan meninggal dunia di lokasi setelah dihimbau untuk menyerahkan diri," kata Boy. Pelaku saat ini masih dalam proses identifikasi oleh Polri.

Sebelumnya, pos polisi lalu lintas yang terletak di perempatan Mitra Batik, Kota Tasikmalaya dilempar bom oleh seorang pelaku yang memakai motor, Senin (13/5/2013) sekitar pukul 19.00. Namun, bom itu tak berhasil meledak. Pelaku pelemparan bom tewas di tempat setelah ditembak anggota polisi karena mencoba melawan melepaskan tembakan. Pelaku sempat melarikan diri ke Jalan Cipedes atau berjarak 200 meter dari pos polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com