Kompas.com - 14/05/2013, 18:06 WIB
|
EditorFarid Assifa

SITUBONDO, KOMPAS.com — Diduga karena hidup kesepian setelah istrinya meninggal dunia, seorang kakek bernama Nikmat (70), warga Dusun Alas Sumur, Desa Balung, Kecamatan Kendit, Situbondo, Jawa Timur, nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri dengan tali tambang pada pohon di dekat rumahnya. Ironisnya, jasad Nikmat kali pertama ditemukan cucunya, Sunarto (33), saat akan memberi makanan ternak peliharaan Sunarto.

"Saya kaget saat akan memberi makan sapi di kandang. Saya melihat tubuh kakek sudah menggantung di pohon lamtoro gung di sebelah barat rumah. Pada saat itu pula, saya langsung berteriak minta tolong," kata Sunarto, Selasa (14/5/2013).

Diperoleh keterangan, sebelum ditemukan gantung diri, Nikmat dikatakan sering mengeluh kepada tetangga bahwa dia sudah bosan hidup setelah istrinya meninggal dunia.

Bahkan, tidak jarang Nikmat terlihat kerap duduk menyendiri di pekarangan rumah hingga akhirnya ditemukan tewas dengan kondisi mengenaskan.

Kapolsek Kendit AKP Moh Robby membenarkan kejadian tersebut. Menurut dia, berdasarkan keterangan para tetangga, Nikmat mengalami depresi setelah istrinya meninggal dunia beberapa tahun lalu. Praktis selama sisa hidupnya, pria paruh baya itu hanya tinggal bersama cucunya, Sunarto.  

"Berdasarkan hasil olah TKP, Nikmat alias Pak Zaini murni meninggal karena gantung diri karena hasil olah TKP pada sekujur tubuh kakek ini tidak ditemukan adanya tanda-tanda korban penganiayaan," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.