Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Terduga Teroris di Solo Terkait Jaringan Bandung

Kompas.com - 14/05/2013, 16:02 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Aparat Kepolisian Polres Surakarta membenarkan sudah menangkap SPU (35), warga Dipotrunan RT 4/ RW 11/ Tipes, Serengan, Solo, di Jalan Sadewa, Solo, Selasa (14/5/20130). SPU ditangkap sesaat setelah mengantar anaknya ke sekolah pagi tadi.

Lelaki itu diduga terkait jaringan teroris kelompok Badri. Hal tersebut dibenarkan oleh Kapolresta Surakarta Kombes (Pol) Asdjimain saat dihubungi Kompas.com.

"Saya hanya bisa menyampaikan bahwa memang benar sudah ada penangkapan oleh Densus 88 Antiteror dari Mabes Polri terhadap SPU, dan diduga tersangka terkait jaringan Badri yang ditangkap di Bandung beberapa waktu lalu. Untuk selebihnya, biar Mabes Polri yang menjelaskan detailnya," kata Asdjimain.

Asdjimain menolak untuk memberikan keterangan lebih jauh tentang keberadaan SPU dan apakah masih ada target Densus 88 di Kota Solo. "SPU terkait jaringan teroris Bandung yang ditangkap di Kendal dan Kebumen beberapa waktu lalu," kata dia lagi.

Seperti diberitakan sebelumnya, SPU disergap petugas sesaat setelah mengantar putri sulungnya ke sekolah. Ketika melintas di Jalan Sadewa, Serengan, Solo, Densus menghentikan kendaraan SPU yang sedang dipakai berboncengan dengan putra bungsunya. Keduanya dibawa masuk ke mobil dan dibawa ke Mapolres Surakarta.

Setelah beberapa saat, putri SPU langsung diantar pulang ke rumah dan diserahkan kepada keluarga. Hingga saat ini, istri SPU mengaku masih syok mengetahui suaminya ditangkap polisi.

Sang istri mengaku hanya mengetahui SPU sebagai jemaah masjid dan tidak pernah bergabung dengan kelompok radikal. Wanita yang menikah dengan SPU sejak tahun 2004 itu hanya mengetahui suaminya bekerja sebagai ahli terapis bekam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com