Kompas.com - 14/05/2013, 13:03 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com — Aksi penyelundupan narkoba jenis sabu seberat hampir satu kilogram via jasa pos berhasil dideteksi. Serbuk haram tersebut disisipkan dalam pegangan tas wanita yang dikirim dari India ke Probolinggo, Jawa Timur.

Sabu tersebut berhasil dideteksi setelah melalui proses pemeriksaan sinar-X dan pelayanan kepabeanan oleh petugas Bea dan Cukai Juanda, pekan lalu. Sabu tersebut dibungkus dalam 36 bungkus plastik yang dililitkan dalam pegangan tas. Sementara jumlah tas wanita yang dikirim kepada DP, warga Kota Probolinggo, berjumlah 18 buah.

''Setelah kami pastikan barang tersebut adalah narkoba, kami koordinasi dengan BNN dan menangkap penerima paket tas tersebut di Probolinggo,'' kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Juanda, Iwan Hermawan, Selasa (14/5/2013).

Pengiriman belasan tas wanita berikut puluhan pegangan tas yang berisi sabu itu dilakukan seseorang berinisial J asal Mumbai, India. ''J kami pastikan masih memiliki hubungan dengan kasus pengiriman sabu seberat enam kilogram melalui seorang warga Singapura yang kami tangkap sebelumnya,'' kata Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jatim, AKBP Basuki Efendi.

Basuki mengaku terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian India untuk mengungkap keberadaan J, dan kemungkinan tersangka lain di wilayah Indonesia. Adapun penerima paket sabu, menurut Undang-Undang 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, terancam hukuman 15 tahun penjara. Sementara menurut UU Kepabeanan Nomor 17 Tahun 2009, aksi penyelundupan itu diganjar paling lama 10 tahun penjara dan denda maksimal Rp 5 miliar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.