Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pati Perluas Jaringan Listrik di 80 Desa

Kompas.com - 14/05/2013, 09:25 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

PATI, KOMPAS.com -  Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memberikan bantuan stimulan senilai Rp 1,2 miliar untuk memperluas jaringan listrik di 80 desa. Bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Pati 2013 itu, diperuntukkan bagi desa yang benar-benar membutuhkan penambahan tegakan atau tiang jaringan listrik.

Bupati Pati Haryanto, Selasa (14/5/2013), mengatakan, bantuan stimulan perluasan jaringan jaringan listrik sangat mendesak. Banyak desa yang belum mendapatkan penerangan yang layak dan memadai.

Perluasan jaringan listrik telah menjadi prioritas dalam APBD tahun 2013. Hal itu merupakan perwujudan visi misi Pemerintah Kabupaten Pati "Noto Projo Mbangun Ndeso", Sasarannya adalah pembangunan di bidang infrastruktur pedesaan.

"Saya berharap adanya penerangan yang memadai dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban sehingga dapat menghilangkan kesan desa yang terisolir serta berdampak positif pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa," kata Haryanto.

Menurut Haryanto, desa penerima bantuan wajib menyediakan dana pendamping. Hal itu sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2012 Pasal 5 Ayat (1). "Saya tidak ingin desa bergantung pemerintah kabupaten. Dana yang diberikan merupakan stimulan, sehingga pemerintah desa diharapkan swadaya bersama warga untuk pembangunan infrastruktur, khususnya jaringan listrik," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com