Kompas.com - 14/05/2013, 09:25 WIB
|
EditorRusdi Amral

PATI, KOMPAS.com -  Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, memberikan bantuan stimulan senilai Rp 1,2 miliar untuk memperluas jaringan listrik di 80 desa. Bantuan yang bersumber dari APBD Kabupaten Pati 2013 itu, diperuntukkan bagi desa yang benar-benar membutuhkan penambahan tegakan atau tiang jaringan listrik.

Bupati Pati Haryanto, Selasa (14/5/2013), mengatakan, bantuan stimulan perluasan jaringan jaringan listrik sangat mendesak. Banyak desa yang belum mendapatkan penerangan yang layak dan memadai.

Perluasan jaringan listrik telah menjadi prioritas dalam APBD tahun 2013. Hal itu merupakan perwujudan visi misi Pemerintah Kabupaten Pati "Noto Projo Mbangun Ndeso", Sasarannya adalah pembangunan di bidang infrastruktur pedesaan.

"Saya berharap adanya penerangan yang memadai dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban sehingga dapat menghilangkan kesan desa yang terisolir serta berdampak positif pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa," kata Haryanto.

Menurut Haryanto, desa penerima bantuan wajib menyediakan dana pendamping. Hal itu sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2012 Pasal 5 Ayat (1). "Saya tidak ingin desa bergantung pemerintah kabupaten. Dana yang diberikan merupakan stimulan, sehingga pemerintah desa diharapkan swadaya bersama warga untuk pembangunan infrastruktur, khususnya jaringan listrik," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.