Kompas.com - 13/05/2013, 18:52 WIB
|
EditorTjahja Gunawan Diredja

MALANG, KOMPAS.com — Banyak cara dilakukan untuk bisa masuk universitas dan mendapatkan jurusan favorit, salah satunya jurusan kedokteran.

Sebanyak 30 calon mahasiswa siap membayar puluhan hingga ratusan juta rupiah agar keinginan mereka terkabul melalui jalan pintas.

Cerita tersebut terungkap saat pihak Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, dan polisi mengungkap praktik perjokian dalam rangka seleksi penerimaan mahasiswa baru, Senin (13/5/2013).

Dari kejadian tersebut, polisi mengamankan 32 orang, dua di antaranya merupakan pelaku yang juga mahasiswa perguruan tinggi ternama di Surabaya, sementara 30 lainnya calon mahasiswa.

Sebagian besar dari mereka mengikuti tes seleksi masuk jurusan kedokteran.

Nasrullah dari bagian Humas UMM dan Kepala Biro Umum UMM Muslimin menuturkan, sebagian besar calon mahasiswa itu melengkapi diri dengan handphone yang telah dimodifikasi seharga Rp 500.000 per unit guna membantu pengerjaan soal.

"Seandainya lolos seleksi, mereka masih harus membayar Rp 40 juta sampai Rp 200 juta," ujar Muslimin.

 

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X