Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka, Pendaftaran Cagub dan Cawagub Jatim

Kompas.com - 13/05/2013, 18:31 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Jawa Timur membuka pendaftaran pasangan cagub-cawagub Jatim terhitung sejak hari ini, Senin (13/5/2013) hingga 19 Mei mendatang. Sepanjang hari tadi, belum ada pasangan cagub-cawagub yang mendaftarkan diri.

Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk masa pendaftaran cagub-cawagub ini. ''Hanya penambahan petugas keamanan jika ada pasangan yang diiringi aksi seni, khusus saat mendaftar,'' kata Andry, Senin. Pihaknya juga belum tahu informasi kapan pasangan kandidat akan mendaftar.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, pada 15 Mei nanti, pasangan calon independen Eggi Sudjana-Sihat akan kembali datang ke KPU untuk menyerahkan perbaikan data dukungan. Sementara pada 18 Mei, pasangan yang diusung PDI-P, Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah akan mendaftar ke KPU Jatim.

Dalam Pilgub Jatim nanti, sebanyak empat pasangan dipastikan akan maju merebut kursi gubernur-wakil gubernur Jatim periode 2014-2019. Selain pasangan petahana Soekarwo-Saifullah Yusuf, juga ada pasangan Bambang DH-Said Abdullah yang murni diusung PDI-P; pasangan jalur independen Eggi Sudjana- M Sihat serta; Khofifah Indar Parawansah.

Sayangnya Ketua Muslimat NU ini belum bersedia mengumumkan siapa cawagub pendampingnya. Khofifah menyerahkan sepenuhnya pembahasan nama cawagub kepada partai pengusungnya yakni PKB dan tim ulama senior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com