Pengguna Jasa Joki Mayoritas Calon Mahasiswa Kedokteran

Kompas.com - 13/05/2013, 15:14 WIB
|
EditorFarid Assifa

MALANG, KOMPAS.com - Pengguna jasa joki pada tes Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, mayoritas calon mahasiswa fakultas kedokteran.

"Dari total joki dan pengguna jasa joki yang berhasil ditangkap adalah calon mahasiswa fakultas kedokteran dan fakultas favorit lainnya. Tapi mayoritas kedokteran," jelas Rektor UMM Muhadjir Efendi kepada wartawan, Senin (13/5/2013).

Menurutnya, fakultas kedokteran banyak diminati calon mahasiswa sehingga mereka nekat memakai jasa joki agar bisa masuk ke fakultas bergengsi itu kendati bayarannya mahal.

"Dalam joki di UMM ini, mayoritas yang menghubungkan langsung pihak joki adalah pihak orangtua calon mahasiswa. Makanya saat ditanya bayar berapa ke joki, calon mahasiswanya tidak tahu," katanya.

Lebih lanjut Muhadjir menegaskan bahwa peserta tes yang diketahui menggunakan jasa joki jelas akan ditolak dan tidak lulus mengikuti tes penerimaan mahasiswa baru di UMM.

"Jelas sudah tidak lulus. Karena sudah melakukan pembohongan intelektual," tegasnya.

Sementara itu, salah satu pengguna joki saat diwawancarai Kompas.com mengelak bahwa dirinya menggunakan jasa joki.

"Saya tidak menggunakan joki. Tapi hanya minta bantuan pada teman yang tahu menjawab soal," akunya sembari menagis.

Ditanya berapa membayar joki, perempuan yang tidak mau menyebutkan namanya itu mengaku tidak tahu. "Saya tidak tahu. Karena saya tidak menggunakan jasa joki," katanya tetap mengelak.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X