Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Terjang Tiga Kecamatan di Wajo

Kompas.com - 13/05/2013, 14:13 WIB
Kontributor Bone, Abdul Haq

Penulis

WAJO, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan merendam tiga kecamatan dan membuat ribuan hektar sawah milik warga terendam banjir, Senin (13/05/2013). Banjir tersebut melanda Kecamatan Sajoanging, Majauleng dan Kecamatan Belawa. Bencana itu mengakibatkan sejumlah warga mengungsi di tempat ketinggian.

Debit air yang sudah mulai memenuhi badan jalan juga membuat arus lalu lintas yang merupakan jalur trans Sulawesi Selatan penghubung Kota Makassar dengan sejumlah kabupaten di Luwu terhambat.

Selain merendam ratusan rumah warga, ribuah hektar sawah milik warga juga terendam banjir. Bahkan di Desa Tancung Puari dan Manrelli di Kecamatan Belawa, puluhan hektar kebun jagung siap panen milik warga juga ikut terendam banjir.

"Banjir musiman ini karena setiap tahun begini kalau hujan. Pemerintah juga tidak pernah perbaiki saluran air, jadi kita ini yang jadi korban," keluh Safri, salah seorang korban banjir.

Sementara pihak pemerintah yang dikonfirmasi terkait bencana ini belum mampu memperkirakan kerugian meteril akibat banjir. Sementara ini pemerintah masih menyiapkan bantuan bagi para korban.

"Informasi yang kami terima sudah tiga kecamatan, termasuk areal sawah dan kebun jagung terendam banjir. Sekarang ini kami masih melakukan pendataan para korban yang akan diberi bantuan," kata Sahran, Kepala Bidang (Kabid) Kesetiakawanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com