Kompas.com - 13/05/2013, 14:13 WIB
|
EditorFarid Assifa

WAJO, KOMPAS.com - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan merendam tiga kecamatan dan membuat ribuan hektar sawah milik warga terendam banjir, Senin (13/05/2013). Banjir tersebut melanda Kecamatan Sajoanging, Majauleng dan Kecamatan Belawa. Bencana itu mengakibatkan sejumlah warga mengungsi di tempat ketinggian.

Debit air yang sudah mulai memenuhi badan jalan juga membuat arus lalu lintas yang merupakan jalur trans Sulawesi Selatan penghubung Kota Makassar dengan sejumlah kabupaten di Luwu terhambat.

Selain merendam ratusan rumah warga, ribuah hektar sawah milik warga juga terendam banjir. Bahkan di Desa Tancung Puari dan Manrelli di Kecamatan Belawa, puluhan hektar kebun jagung siap panen milik warga juga ikut terendam banjir.

"Banjir musiman ini karena setiap tahun begini kalau hujan. Pemerintah juga tidak pernah perbaiki saluran air, jadi kita ini yang jadi korban," keluh Safri, salah seorang korban banjir.

Sementara pihak pemerintah yang dikonfirmasi terkait bencana ini belum mampu memperkirakan kerugian meteril akibat banjir. Sementara ini pemerintah masih menyiapkan bantuan bagi para korban.

"Informasi yang kami terima sudah tiga kecamatan, termasuk areal sawah dan kebun jagung terendam banjir. Sekarang ini kami masih melakukan pendataan para korban yang akan diberi bantuan," kata Sahran, Kepala Bidang (Kabid) Kesetiakawanan Sosial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Wajo.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X