Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

REI Pekalongan Bangun 600 Rumah Tapak

Kompas.com - 13/05/2013, 10:52 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah menargetkan membangun 600 unit rumah tapak sederhana pada tahun 2013 di daerah setempat.

Ketua DPD REI Kota Pekalongan Ricsa Mangkulla di Pekalongan, Senin mengatakan bahwa pembangunan ratusan rumah tapak sederhana ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Pusat yang menargetkan membangun 100 ribu unit rumah yang sama.

"Kami hanya membangun 600 unit rumah tapak sederhana itu karena harus melihat kemampuan dan mengukur pasar di daerah setempat," katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi pasar sedang lesu karena sempat munculnya isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sehingga berpengaruh terhadap para pegembang.

"Meski cukup sempat berpengaruh, kami tetap menargetkan membangun 600 unit rumah rapak sederhana itu. Ratusan unit rumah tapak sederhana itu akan dibangun di Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Batang karena pada tiga daerah itu tingkat kebutuhan masyarakat terhadap kepemilikan rumah masih cukup baik," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi menurunnya penjualan rumah siap huni di Pekalongan, DPD REI akan menggelar pameran perumahan atau "REI EXPO 2013" di 11 swalayan Kota Pekalongan.

Pameran "REI EXPO 2013", kata dia, akan berlangsung pada tanggal 16 hingga 26 Mei 2013 dan diikuti oleh 12 pengembang dari wilayah Batang hingga Pemalang.

Menurut dia, jika pameran "REI Expo 2013" ini mendapatkankan respons positif dari masyarakat maka DPD REI akan menggelar kegiatan yang sama sebanyak dua kali dalam setahun.

"Jujur saja penjualan rumah pada April 2013 cukup sepi karena isu kenaikan BBM. Meski penjualan rumah sempat lesu, kami menergetkan nilai transaksi Rp7,5 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp6 miliar," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com