Kompas.com - 13/05/2013, 10:52 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Daerah Real Estate Indonesia (REI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah menargetkan membangun 600 unit rumah tapak sederhana pada tahun 2013 di daerah setempat.

Ketua DPD REI Kota Pekalongan Ricsa Mangkulla di Pekalongan, Senin mengatakan bahwa pembangunan ratusan rumah tapak sederhana ini sebagai upaya mendukung program Pemerintah Pusat yang menargetkan membangun 100 ribu unit rumah yang sama.

"Kami hanya membangun 600 unit rumah tapak sederhana itu karena harus melihat kemampuan dan mengukur pasar di daerah setempat," katanya.

Menurut dia, saat ini kondisi pasar sedang lesu karena sempat munculnya isu kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sehingga berpengaruh terhadap para pegembang.

"Meski cukup sempat berpengaruh, kami tetap menargetkan membangun 600 unit rumah rapak sederhana itu. Ratusan unit rumah tapak sederhana itu akan dibangun di Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Batang karena pada tiga daerah itu tingkat kebutuhan masyarakat terhadap kepemilikan rumah masih cukup baik," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk mengantisipasi menurunnya penjualan rumah siap huni di Pekalongan, DPD REI akan menggelar pameran perumahan atau "REI EXPO 2013" di 11 swalayan Kota Pekalongan.

Pameran "REI EXPO 2013", kata dia, akan berlangsung pada tanggal 16 hingga 26 Mei 2013 dan diikuti oleh 12 pengembang dari wilayah Batang hingga Pemalang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia, jika pameran "REI Expo 2013" ini mendapatkankan respons positif dari masyarakat maka DPD REI akan menggelar kegiatan yang sama sebanyak dua kali dalam setahun.

"Jujur saja penjualan rumah pada April 2013 cukup sepi karena isu kenaikan BBM. Meski penjualan rumah sempat lesu, kami menergetkan nilai transaksi Rp7,5 miliar atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp6 miliar," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.