Kompas.com - 13/05/2013, 07:12 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

TIMIKA, KOMPAS.com — PT Freeport Indonesia sejak 2012 membangun sebuah lapangan terbang di Ombani, Kampung Aroanop, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika, untuk memudahkan akses bagi warga setempat.

Kepala Bidang Perhubungan Udara pada Dishubkominfo Mimika, John Rettob, kepada Antara di Timika, Senin, mengatakan bahwa jajarannya pekan lalu meninjau lapangan terbang Ombani, Aroanop, yang sementara sedang dikerjakan.

Untuk membuka lapangan terbang di wilayah dataran tinggi dengan topografis bergunung-gunung terjal itu, tim PT Freeport terpaksa melakukan potong dan timbun (cut and fill) gunung. Pekerjaan serupa dilakukan perusahaan itu saat membangun lapangan terbang Mulu di Kampung Tsinga yang telah dioperasikan sejak 2011.

"Dishubkominfo Mimika ke sana untuk melihat pekerjaan lapangan terbang Ombani, Aroanop. Kami memberikan beberapa masukan kepada PT Freeport karena di ujung landasan ada longsor," jelas John.

Menurut dia, sejumlah fasilitas sudah dibangun oleh PT Freeport di lokasi lapangan terbang Ombani, Aroanop, seperti terminal, kantor, dan lainnya.

John menyambut positif pembangunan lapangan terbang Ombani, Aroanop, untuk mempermudah akses orang dan barang dari dan ke wilayah yang hanya bisa dijangkau dengan sarana transportasi helikopter itu.

Sebelumnya pada 2007, PT Freeport membangun lapangan terbang Mulu di Kampung Tsinga, Distrik Tembagapura.

Lapter Mulu yang mulai beroperasi secara resmi pada Februari 2011 itu memiliki panjang 600 meter dan lebar 18 meter dan selama ini rutin didarati pesawat jenis Pilatus Porter dan juga bisa didarati pesawat jenis Twin Otter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.