Kompas.com - 12/05/2013, 16:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

BIREUEN, KOMPAS.com—Hama babi hutan yang mengganas di sejumlah daerah dalam Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen, Aceh, memaksa masyarakat melakukan pembasmian hama tersebut di seputaran kebun kawasan perbukitan Gle Pinto Angen, Bireuen.

Dari informasi dihimpun, tim pemburu tak hanya terdiri dari warga desa setempat, namun juga melibatkan tim pemburu dari daerah lain. Seluruh pemburu yang terlibat dilengkapi dengan tombak, parang serta mengajak puluhan ekor anjing terlatih.

Jasrial, ketua tim pemburu mengatakan, perburuan yang dilakukan kali ini medannyacukup sulit, karena sebagian besar lokasinya diapit bukit menjulang dan terjal. "Dari informasi yang kita peroleh, kawanan babi di daerah tersebut berkelompok bahkan menyerang balik saat disergap anjing buruan," ungkapnya Minggu (12/5/2013).

Sulitnya medan dan ganasnya hama ini dibuktikan dari matinya tiga ekor anjing pemburu akibat diserang oleh babi hutan. Kondisi ini meningkatkan kewaspadaan tim pemburu untuk lebih berhati-hati menyergap hama babi yang meresahkan warga belakangan ini.

"Banyak tanaman yang baru ditanam paginya, pada malam hari langsung dirusak oleh hama babi tersebut," tambah Jasrial. Begitu halnya kebun yang siap panen seperti di kawasan bukit Pinto Angen, yang dominan ditanami tanaman keras seperti pinang, kakao , dan pisang. Dengan kondisi tersebut, warga setempat berharap dinas terkait memberi perhatian lebih untuk membantu warga guna membasmi hama babi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.