Kompas.com - 12/05/2013, 16:34 WIB
|
EditorHeru Margianto

KEDIRI, KOMPAS.com — Paini (46), seorang ibu di Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang tega membunuh Surani (29), anak kandungnya sendiri, dengan menggunakan racun ikan, hidup dengan ekonomi pas-pasan. Sehari-hari Paini bekerja sebagai pengumpul barang bekas dan menjalankan toko pracangan skala kecil dirumahnya. Uang hasil dari profesinya itu untuk menutupi kebutuhan kesehariannya bersama Surani.

Surani sendiri tidak mempunyai pekerjaan tetap. Keduanya tinggal satu rumah karena dua anak lainnya yang terdiri satu laki-laki dan satu perempuan telah hidup mandiri dengan bekerja di luar kota, sementara suami Paini telah lama meninggal dunia.

Kepala Dusun Mberumbun, Desa Wonorejo, Bambang Suking, mengatakan, diduga karena keterbatasan ekonomi itu, antara pelaku dan korban kerap terjadi keributan. Surani sering meminta uang kepada ibunya padahal ibunya juga hidup dalam keterbatasan.

"Kalau minta uang enggak dikasih, langsung marah-marah. Bahkan sempat juga mengancam," kata Bambang Suking, Minggu (13/5/2013).

Perilaku Surani, Bambang menuturkan, tidak hanya ditujukan untuk Paini, tetapi juga terhadap warga lainnya. Surani kerap memaki warga dengan kata-kata kotor. Bahkan, menurutnya, Surani juga pernah merusak rumah warga dengan melemparinya menggunakan batu bata. Penyebabnya juga sama, yaitu warga menolak memberikan uang.

Namun demikian, Bambang menduga, pemicu utamanya adalah masalah psikologis. Tidak hanya Surani, Paini juga kerap marah-marah saat sedang tidak punya uang. Ia menduga Paini depresi seusai ditinggal mati suaminya.

Sebelumnya diberitakan, Paini menghabisi nyawa Surani, anak kandungnya, dengan cara meracunnya menggunakan potas, Sabtu (12/5/2013). Racun yang biasa digunakan untuk mencari ikan itu dicampur dengan minuman kopi susu. Saat ini Paini sudah diamankan petugas dan kasusnya dalam perkembangan penyelidikan Kepolisian Resor Kediri. (K20-11)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X