Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mapala UI Gagas Marathon untuk Selamatkan Ciliwung

Kompas.com - 10/05/2013, 18:21 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com- Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia menggagas perlombaan Half Marathon bertajuk Run FoRiver: Satu Pelari untuk Satu Pohon, demi Ciliwung yang Lebih Baik. Kegiatan ini sebagai upaya dukungan dan sosialisasi program Adoption River yang diperuntukkan bagi Sungai Ciliwung.

Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, di Depok, Jumat (10/5/2013), memaparkan, perlombaan dimulai puluk 06.00 besok di Boulevard UI, Depok. Pelari diberangkatkan oleh Penjabat Rektor UI Muhammad Anis dan diikuti oleh para charity runner di antaranya Agus Yudhoyono, Sandiaga Uno, Ahmad Fikri Assegaf, serta pelari profesional dari Kenya dan Jepang. Hadir pula Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dan Deklarasi River Adoption bersama Komunitas Ciliwung, Kementerian Kehutanan, dan Mapala UI.

Run Foriver merupakan kampanye untuk menyebarluaskan semangat kepedulian terhadap sungai Ciliwung dengan mengajak seluruh komponen masyarakat, mulai dari mahasiswa, akademisi, pengusaha, professional dan masyarakat umum untuk turut serta dalam program River Adoption.

Dengan mendaftarkan diri dan berlari pada kategori Charity, 10 KM atau 21 KM (Half-Marathon) maka secara otomatis setiap peserta telah menyumbangkan satu bibit pohon yang akan ditanam oleh Mapala UI di Hulu Ciliwung dalam program River Adoption yang dilaksanakan pada bulan Juni.

Farida menjelaskan, untuk melancarkan kegiatan Run Foriver, Kampus UI akan Ditutup bagi seluruh kendaraan mulai pukul 5.30. Pengunjung diharapkan masuk UI dengan berjalan kaki dan memarkirkan kendaraan di sekitar Jalan Margonda maupun Depok Town Square.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com