Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelangkaan Elpiji karena Pasokan Menurun

Kompas.com - 10/05/2013, 17:49 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com — Perwakilan Pemasaran LPG Pertamina Jambi, Rifki, mengatakan, pasokan elpiji bersubsidi 3 kilogram di wilayah Jambi berkurang 1,2 persen efektif per April 2013. Penurunan alokasi pasokan ini diduga sebagai penyebab langkanya elpiji di pasaran.

Rifki mengatakan, alokasi pasokan yang sebelumnya 25.091 metrik ton pada 2012 menjadi 24.791 MT pada tahun ini. Alokasi elpiji dikurangi, sementara animo masyarakat justru meningkat. "Itu mengakibatkan pasokan seolah langka di pasaran," ujar Rifki, Jumat (10/5/2013).

Rifki menambahkan, saat ini ada tiga agen elpiji yang memasok 688.000 tabung gas 3 kilogram per bulan untuk wilayah Jambi. Jumlah tersebut diperkirakan tidak mencukupi lagi dengan semakin banyaknya pengguna elpiji di kalangan masyarakat berekonomi menengah ke bawah.

Terkait kelangkaan di daerah, pihaknya memungkinkan pemerintah kabupaten/kota untuk mengajukan penambahan kuota jika memang kondisinya sangat mendesak.

"Saat ini sudah ada pemkab yang meminta tambahan pasokan untuk dua pekan ke depan dan kami bisa penuhi jika memang sangat diperlukan," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com