Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Matahari Bikin Kagum Santri Pondok Assalam

Kompas.com - 10/05/2013, 15:54 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com — Para santri dari Pondok Assalam, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, berkumpul di observatorium di kompleks pondok sejak pukul 05.00 WIB untuk menyaksikan gerhana matahari cincin, Jumat (10/5/2013).

Mereka mendengarkan instruksi pengasuh mereka sambil mengawasi matahari di ufuk timur. Lalu sekitar pukul 05.45 WIB fenomena gerhana terjadi meski tidak bisa sempurna karena tertutup awan.

"Ini adalah fenomena langka karena satu-satunya gerhana cincin yang terjadi pada tahun 2013. Namun, karena posisi di Indonesia yang berbeda dengan daerah lain yang berada di perlintasan utama seperti Papua Niugini dan Australia, maka yang muncul adalah gerhana sebagian," kata Ustaz Ar Sugeng Riyadi, Jumat (10/5/2013).

Menurut Ustaz Ar, apabila dilihat dari Papua Niugini atau Australia, gerhana yang terjadi berbentuk cincin. "Fenomena terjadi pada pukul 05.45 WIB. Ada kontak awal antara matahari dan bulan, lalu kontak terakhir pada pukul 06.30. Tadi sempat ada awan sehingga menutupi proses terjadinya gerhana. Namun setelah itu, kurang lebih 15 menit para pengamat bisa menyaksikan gerhana meskipun tanpa alat," terang pengasuh Klub Astronomi Santri Assalam itu.

Sementara itu, salah satu siswa, Muhmmad Rizki, mengaku senang dan takjub terhadap fenomena alam yang dia amati pada Jumat pagi tersebut. "Keren, Mas. Senang bisa mengamati kejadian langka," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com