Kompas.com - 10/05/2013, 13:43 WIB
|
EditorKistyarini

SURABAYA, KOMPAS.com — Selain menemukan lebih dari separuh bakal calon legislatif (bacaleg) DPRD Jatim yang tidak memenuhi syarat administrasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim dalam verifikasinya juga menemukan dua bacaleg yang belum cukup umur. Keduanya belum berusia 21 tahun hingga akhir masa pendaftaran bacaleg, 22 April 2013.

Kedua bacaleg tersebut, kata anggota KPU Jatim, Najib Hamid, bernama Dina Dwi Agustina dari PDI Perjuangan dan Diah Indra Cahyani dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). ''Kita serahkan sepenuhnya kepada parpol pengusung, bisa diganti dengan nama bacaleg lain atau dicoret,'' kata Najib, Jumat (10/5/2013).

Dina Dwi Agustina, yang bertarung di Dapil VI Jatim, diketahui lahir pada 20 Agustus 1992. Sementara itu, Diah Indra Cahyani lahir pada tanggal 5 Mei 1992. ''Jadi setidaknya, pada 22 April 2013, karena aturannya, bacaleg setidaknya berusia 21 tahun terhitung dari penutupan pendaftaran,'' jelasnya.

Sebelumnya, 720 bacaleg DPRD Jatim, atau sekitar 60 persen dari total bacaleg yang diajukan 12 partai yang sudah diverifikasi KPU Jatim, dinyatakan belum memenuhi syarat administrasi. Beberapa kekurangan yang kerap dijumpai saat verifikasi administrasi bacaleg antara lain perbedaan nama yang tertera di ijazah pendidikan dengan nama yang dipakai mendaftar bacaleg.

Di samping itu, masih banyak bacaleg yang tidak melampirkan surat kesehatan jasmani dan rohani. Selain itu, ada beberapa bacaleg yang sudah pindah parpol, tetapi tidak menyertakan surat pengunduran diri dari sekretaris dewan. Padahal, menurut aturan, bacaleg yang sudah pindah parpol harus mengundurkan diri sebagai anggota dewan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.