Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Landasan Pacu Bandara Babullah Diperpanjang

Kompas.com - 10/05/2013, 13:39 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang landasan pacu Bandara Babullah Ternate, Maluku Utara (Malut) dari 2.200 meter menjadi 2.400 meter sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

Kepala Dinas Perhubungan Telekomunikasi dan Informatika Malut, Thaufik Madjid, di Ternate, Jumat (10/5/2013), perpanjangan landasan pacu Bandara Babullah tersebut didanai melalui APBN dan akan dikerjakan tahun ini juga.

Sejumlah perusahaan penerbangan nasional telah menyatakan keinginannya untuk mengoperasikan pesawat berbadan lebar untuk rute penerbangan Jakarta-Ternate, seperti Garuda Indonesia namun terbentur pada kondisi panjang landasan pacu bandara Babullah yang hanya 2.200 meter.

Thaufik mengatakan, kalau perpanjangan landasan pacu Bandara Babullah Ternate sudah selesai, maka hal itu jelas akan memperlancar arus transportasi udara dari dan ke Malut.

Selain itu, juga diharapkan bisa menjadi salah daya tarik bagi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri untuk berkunjung ke Malut melalui Ternate. "Biasanya salah satu pertimbangan wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah adalah ketersediaan sarana transportasi udara dari dan ke daerah bersangkutan," katanya.

Menurut Thaufik, Pemprov Malut juga terus mendukung pembenahan di Bandara Babullah Ternate, khususnya pada sisi darat, seperti pembangunan terminal penumpang untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat yang akan berpergian atau datang ke Malut melalui bandara itu.

Terminal penumpang di Bandara Babullah Ternate yang dibangun Pemprov Malut secara bertahap menggunakan dana APBD lebih dari Rp 10 miliar saat ini dalam proses penyelesaian akhir dan diharapkan sudah diresmikan pada akhir tahun ini.

Kementerian Perhubungan sebelumnya telah membenahi sejumlah infrastruktur Ternate, seperti peralatan navigasi dan lampu landasan pacu, sehingga saat ini di bandara itu sudah bisa dilakukan penerbangan pada malam hari.

Arus penumpang di Bandara Babullah Ternate terus menunjukkan peningkatan, sehingga sejumlah perusahan penerbangan yang melayani rute penerbangan dari dan ke Ternate menambah frekuensi penerbangan dari satu kali menjadi dua kali sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com